giliran Xiaomi YI yang dulu pas rilis sempat menghebohkan dunia maya, karena menggunakan prosesor yang serupa dengan GoPro Hero 3 (Ambarella A7), Sensor CMOS Sony, dan tentunya harga yang bikin siapapun melongo. Ok mari kita kupas satu persatu :

- Kemasan

Seperti halnya produk Xiaomi lain , kotak xiaomi itu minimalis banget. Konon kuat juga, bahkan pernah diinjak manusia dewasa ga remuk. Useless testing, tapi ya boleh lah jadi pembeda di banding produk lain.

- Package

Sama seperti kotaknya, dalemannya pun juga sangat minimalis. TIDAK ADA kepala charger. Jadi yang diperoleh hanya kabel data pipih (yang lebih tahan kusut & putus dibanding kabel bulat), baterai, Xiaomi YI, dan buku petunjuk dalam bahasa mandarin tanpa ada bahasa Indonesia maupun Inggris. Jadi ya terpaksa learning by doing

- Fisik

Build Quailitynya ajib sekali, paten lah pokoknya. Material plastiknya mirip2 dengan SJCAM maupun Gopro. Untuk tombol hanya ada 3 yakni Power (beserta Ring Led yang akan menyala), Wifi di samping, serta tombol shutter di atas. DI bagian belakang tersedia slot mini HDMI, micro USB, TransFlash/MicroSD, serta baterai yang tertutup plastik sewarna bodi.

- Kualitas Gambar & Video

Ini nih yang jadi juaranya. Kalo boleh sih saya nobatkan jadi The Best Budgeted Action Cam 2015 Harga 1 jutaan . Serius deh, baru kali ini nemu action cam harga segini tapi kualitas serupa dengan GoPro. Memang untuk wide, masih jauh kalah dibanding rekan rekannya (GoPro, Drift, Sony AS series, SJCAM, iSaw, dll). Xiaomi hanya 155 derajat, sedang view angle yang lain sudah 170 derajat.

"Satu fitur unik dan functional sekali yakni Lens Rectification. Begitu dinyalakan, fitur ini akan membuat hasil foto maupun video yang direkam ga terlalu melengkung. Cocok banget bagi yang doyan selfie maupun foto arsitektur. Kebayang dong sakitnya dimana bagi orang di deket ujung frame."

- Baterai

Untuk yang hal 1 ini belum saya tes lebih jauh,  Tapi dalam 1 jam nontsop take video dan foto baterai masih 72% , dengan settingan default dan lampu led semua aktif  . Luamayan irit, mengingat tidak ada lcd di belakang seperti halnya sj4000.

- Harga

Oiya mengenai harga,untuk di kiswara.co.id di banderol harga  1,1 jt untuk yang basic, dan 1,25 jt yang travel pack (sepaket dengan tongsisnya ) ,

Segitu dulu ya Gaess,untuk Preview action cam Xiaomi Yi, Semoga Bermanfaat :)