4 Fungsi QR Code yang PASTI Belum Pernah Kamu Ketahui

nih Jaka kasih kamu 4 fungsi QR Code yang belum pernah kamu ketahui kalau hal ini memiliki peran besar dalam keseharian kamu. Simak selengkapnya ya.

QR Code (Quick Response Code) merupakan teknologi matrik barcode (matrik dua dimensi) yang dewasa ini sangat berkembang cepat karena pembacaan yang cepat dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan dengan barcode UPC standar. QR Code saat ini banyak digunakan di dunia industri, pendidikan, dan perdagangan.

Apalagi sekarang perkembangan smartphone sangat pesat sehingga penggunan QR Code meningkat tajam. Terlepas dari kenyataan tesebut, mungkin banyak dari kalian yang masih juga belum menyadari betapa penting barcode ini dalam kehidupan sehari-hari. Kalau begitu, nih Jaka kasih kamu 4 fungsi QR Code yang belum pernah kamu ketahui kalau hal ini memiliki peran besar dalam keseharian kamu. Simak selengkapnya ya.

4 Fungsi QR Code yang Pasti Belum Pernah Kamu Ketahui

1. Untuk Kartu Nama

Kartu Nama

Sumber foto: Foto: DEX

Di sini kamu dapat memasukkan nama kamu, nomor ponsel, PIN BBM, media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya), alamat rumah dan kantor, tempat usaha kamu, dan lain lain. Kamu tinggal menempelkan QR COde yang telah kamu buat dalam kartu nama dan klien kamu tinggal memindai profil diri kamu dari kartu nama. Praktis kan?

2. Materi Presentasi

Presentasi
 
 
 

Sumber foto: Foto: slideshare.net

Fungsi ini sangat bermanfaat bagi kamu hususnya para pelajar, guru, dosen, atau kamu yang sedang menjadi narasumber seminar atau presentasi suatu produk. Di sini kamu dapat membuat QR Code agar materi presentasi kamu bisa di-download langsung oleh mahasiswa atau peserta seminar dengan menempelkan QR Code dalam Slide Presentasi. Canggih ya!

 
LIHAT ARTIKEL

3. Alat Promosi

produk

Sumber foto: Foto: pinterest.com

Kamu bisa mamasang QR Code pada produk atau banner untuk bisa menautkan dengan situs kamu. Kamu juga bisa tempelkan QR Code pada kaus atau seragam karyawan kamu atau tempat tempat lainnya. Alat promosi ini sebenarnya cakupannya cukup luas. Bisa juga untuk promosi pariwisata bagi pemerintah daerah atau sebagai alat sosilalisasi tentang kegiatan dari pemerintah.

4. Shortcut Untuk Mengunduh Aplikasi

download_1

 

Ini biasanya untuk mempromosikan suatu aplikasi oleh developer agar bisa dengan mudah untuk diunduh. Cukup membidik QR Code dengan kamera smartphonemu, maka aplikasi akan terunduh otomatis di smartphone. Mudah kan?

Nah, itu dia 4 fungsi QR Code dalam kehidupan sehari-hari yang kamu belum ketahui. Tentunya kalau kamu tahu cara memanfaatkannya, teknologi canggih ini akan sangat bisa membantu kegiatan sehari-hari kamu seperti dalam berbisnis atau belajar. Bagaimana menurutmu?