Belakangan ini muncul fenomena Tempered Glass atau AntiGores Kaca yang banyak di tawarkan penjual acc gadget atau handphone ke penggunanya.

Dan masih banyak juga pengguna handphone yang masih bingung “Apa itu Tempered Glass??”

Oke kita mulai dari “Sekilas Mengenai Kaca Tempered”

Kaca tempered dibuat dari kaca float berkualitas tinggi melalui proses pemanasan thermal di mana kaca akan dipanaskan sampai dengan titik lunaknya kemudian didinginkan secara cepat. Hal ini akan memberikan kaca tempered kekuatan lebih. Kaca temperd mempunyai kekuatan 4 sampai 5 kali lebih baik terhadap benturan, tekanan, maupun perubahan suhu ekstrim dibandingkan kaca biasa dengan ketebalan sama. Kaca tempered juga diklasifikasikan sebagai kaca pengaman dan ketika pecah akan berubah menjadi pecahan-pecahan kecil (sebesar ibu jari tangan) yang tidak tajam, sehingga mengurangi resiko terjadinya cedera serius.

Keuntungan pemakaian kaca tempered :

    Kekuatan: kaca tempered menurut standard ASTM C1048 adalah 4 sampai dengan 5 kali lebih kuat daripada kaca biasa dengan ketebalan sama. Untuk kaca tempered minimal tekanan permukaan adalah 10000 psi.

2.Keamanan: ketika pecah terkena benturan, kaca tempered akan langsung menjadi pecahan-pecahan kecil sebesar ibu jari tangan dan tidak tajam. Hal ini akan mengurangi terjadinya cedera serius

3.Kekuatan thermal: ketika sinar matahari mengenai langsung permukaan kaca, akan terjadi pemanasan. Proses pemanasan ini tidak merata di permukaan. Biasanya bagian tengah kaca memiliki tendensi untuk memanas lebih cepat, sedangkan bagian tepi kaca masih relatif dingin. Jika perbedaan suhu ini mencapai batas tertentu, bisa menyebabkan kaca pecah. Tetapi kaca tempered mempunyai kekuatan tepi yang lebih baik sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya pecah karena perbedaan suhu/panas.

Oke dari penjelasan di atas jadi kita sudah tau sekilas mengenai Tempered Glass.

Untuk sekarang sudah Banyak Tempered Glass yang di tawarkan dari berbagai Merek untuk Handphone dan Gadget atau Tablet. Untuk ketebalannya pun hampir beraneka ragam, mulai dari 0.2mm, 0.3mm, sampai 0.4mm

Tempered Glass bukan lah seperti antigores biasa yang berbahan plastik yang mudah di potong jika tidak seukuran. Jadi jika ingin membeli Tempered Glass pastikan harus sesuai ukuran layar HP kita.

Dengan menggunakan tempered glass akan meminimalisir benturan2 yang terjadi pada layar Handphone anda, yang mungkin akan mengakibatkan Layar HP anda pecah atau rusak. hushed

Untuk Harga yang di tawarkan juga ber-varian, Berkisar antara 70rb-500rban, Tergantung dari merek dan tipe handphone atau tabletnya. Semakin besar ukuran Tempered Glass maka akan semakin mahal juga harganya.

Beberapa tipe handphone yang saya tau tersedia Tempered Glass nya

Untuk Tipe Samsung cukup banyak seperti : Galaxy S3, S4, S5, Note1, Note2, Note3, Grand Duos, Grand2, Mega 5.8, Mega 6.3.

Untuk Tipe Apple : IPhone 4/4s, IPhone 5/5s, IPad Mini

Untuk Tipe Blackberry : Blackberry Z3

Untuk Tipe Asus : Zenfone Z4, Z5, Z6

Untuk Tipe LG : LG G2, G3

Untuk Tipe Sony : Xperia M2, Z, Z1, Z2, T2

Tempered Glass pada Handphone yang bagus mempunyai ketahanan terhadap baret dan minyak. Dan untuk yang menggunakan layar sentuh tentunya Tempered Glass harus mempunyai sensitivitas yang bagus untuk layar sentuh handphone Anda.