Kebanyakan kamera CCTV sekarang menggunakan komponen CCD dibandingkan CMOS.Apa yang membuat komponen CCD lebih banyak dipakai pada kamera security dibandingkan CMOS?Mari kita bahas gaes..


CCD dan CMOS Keduanya memiliki fungsi yang sama dalam meng-convert cahaya menjadi elektron.
CCD kepanjangan dari Charged Coupled Device.CMOS terbuat dari Oxide Semiconductor.
Perbedaan yang utama adalah:

   

- Pada CCD lokasi pemindahan muatan elektron untuk kemudian dibaca masih didalam satu chip.Pembacaan hasil nya sudah digital dengan ADC (analog to digital converter). Sedangkan CMOS, lokasi pemindahan muatan elektron untuk kemudian dibaca secara analog dilakukan oleh beberapa transistor (diluar chip) .Sehingga CCD menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik (Karena digital)
 

- CCD lebih sensitive terhadap cahaya dibandingkan CMOS


- Konsumsi listrik CCD lebih besar dari CMOS
- CCD harganya lebih mahal dibandingkan CMOS

hal ini sangat wajar dikarenakan pada CHIP CMOS dapat diproduksi secara mikroprosessor, sehingga memiliki harga yang relatif murah dibandingkan dengan sensor CCD

- CCD memiliki pixel lebih banyak dibandingkan CMOS

Jika kita sudah mengetahui perbedaan keduanya secara fundamental, lalu manakah yang lebih baik, CCD ataukah CMOS? Jawabannya tidak bisa semudah dan sesederhana itu, terutama karena pengembangan kedua jenis sensor tersebut berjalan dalam kurun waktu yang tidak berbeda jauh. Memang benar, sensor CMOS sempat mengalami ketertinggalan pengembangan dan produksi atas sensor CCD hingga jarak waktu sekitar 25 tahun. Namun setelah ditemukannya berbagai metode dan teknologi fabrikasi yang semakin canggih, riset dan pengembangan sensor CMOS berjalan sangat cepat dan intensif, hingga pada saat ini sensor CMOS dapat mengejar ketertinggalan tersebut dengan baik dan pada akhirnya bisa mengimbangi nyaris semua yang dimiliki oleh sensor CCD.

 

Semoga Bermanfaat
Dan menambah pengetahuan kita.