Sudah waktunya untuk membersihkan Android yang berdebu dan menyingkirkan lag yang menyebalkan.

Fakta sederhana bahwa semakin lama kita menggunakan Android, perangkat akan mulai usang dan melambat, tapi hal ini tidak perlu terjadi.

Dengan sedikit pemeliharaan sederhana Anda dapat memiliki sebuah perangkat Android yang bekerja optimal layaknya perangkat baru.

Berikut ini adalah lima tips super sederhana untuk mempercepat kinerja sistem pada perangkat Android (tips ini tidak membutuhkan root).


Buang aplikasi yang tidak terpakai

Serius, Anda tidak membangun perpustakaan di sini. Buang semua aplikasi gratis yang kurang berguna dan jarang dipakai. Plus, aplikasi di googleplay sangat mudah untuk didapat kembali hanya dalam 10 detik jika Anda membutuhkannya lagi, sehingga tidak masuk akal untuk menyimpan puluhan aplikasi yang belum dibuka dalam beberapa bulan, terutama ketika aplikasi tersebut terus berjalan dibackground. Aplikasi yang tidak terpakai hanya membuang-buang ruang dan sumber daya sistem. Updatelah selalu koleksi aplikasi Anda untuk memastikan aplikasi tersebut diperbarui ke versi terbaru, update aplikasi selalu memiliki peningkatan kinerja sistem.

Lakukan  factory reset

Factory reset sama halnya dengan me-reset perangkat Anda kembali ke kondisi semula ketika perangkat tersebut meninggalkan pabrik. Tentu saja, factory reset dapat berarti dua hal penting yaitu, bahwa sistem akan menghapus semua data dan kemudian Anda akan perlu untuk menempatkan semuanya kembali setelah itu. Untungnya, ini super mudah. Jika Anda memiliki pemulihan kustom terinstal, anda dapat melakukan backup secara penuh (cadangan lengkap dari sistem anda serta aplikasi dan data). Backup aplikasi dan data melalui salah satu dari sejumlah aplikasi seperti Titanium Backup (root) atau Helium (no root).

Setelah Anda melakukan backup (pastikan Anda menyimpan Nandroid ke komputer atau cloud storage , untuk alasan yang jelas) Anda siap untuk menghapus tuntas perangkat sampai bersih. Anda memiliki dua pilihan, pilihan menu yang sederhana, ditemukan di Settings > Backup & Reset > Factory Data Reset, atau Anda dapat melakukannya melalui kombinasi tombol hardware, yang berbeda untuk setiap perangkat. Searching di mesin pencari untuk mencari kombinasi tertentu pada perangkat Anda, tetapi sekali Anda berada di Pemulihan menu Anda dapat secara manual memilih untuk menghapus data / factory reset dan juga menghapus partisi cache dan Dalvik cache, yang memberi Anda keuletan ekstra dalam membersihkan memori. Setelah proses selesai Anda dapat reboot dan mengembalikan aplikasi dan data dengan fitur backup.

Hentikan animasi

Ini adalah hal yang super mudah untuk dilakukan walaupun mungkin tidak benar-benar meningkatkan kecepatan perangkat android. Android memiliki berbagai animasi dan efek transisi yang terlihat indah tetapi dapat menambah rasa ketidaksabaran ketika Anda merasakan perangkat menjadi lambat.

Perhatikan sinkronisasi dan update

Semakin banyak akun, layanan dan aplikasi maka secara otomatis sync memakan lebih banyak memori dan daya prosesor akan didedikasikan untuk tugas ketika Anda mungkin ingin untuk melakukan sesuatu yang lain. Jika Anda hanya memeriksa Gmail sekali atau dua kali sehari maka mengapa tidak menonaktifkan sinkronisasi untuk Gmail? Anda dapat memeriksa secara manual setiap kali Anda punya waktu dan ingin memeriksanya, daripada setiap 15 menit hanya untuk mendapatkan email di kotak masuk dan tidak punya waktu untuk membaca pula. Hal yang sama berlaku untuk banyak akun dan layanan lainnya. Gunakan sync jika Anda benar-benar perlu layanan untuk disinkronisasikan.

Cobalah ART

ART singkatan dari Android Run Time dan merupakan runtime yang akan segera menggantikan Dalvik yang sudah tua dan kuno. Pada dasarnya, ART pra-mengkompilasi aplikasi Anda sehingga akan mempercepat waktu peluncuran aplikasi secara signifikan. Tidak setiap aplikasi mendukung ART sekarang (contoh yang paling mencolok adalah WhatsApp) sehingga Anda harus membuat beberapa pengorbanan jika menginginkan performa yang lebih cepat, tapi ada banyak alternatif yang tersedia untuk dilakukan. ART merupakan alternatif masa depan, jadi mengapa tidak menggunakannya sekarang?

Bagaimana? Apakah perangkat Anda berjalan lebih cepat sekarang?