Apple telah resmi merilis iPhone 7 dan iPhone 7 Plus pada tanggal 7 September lalu. Salah satu yang menjadi pusat perhatian, tentu saja, kemampuan kamera dari smartphone terbaru ini. Sementara Apple tetap mempertahankan sensor 12 MP, kini terdapat tambahan fitur OIS untuk jepretan yang maksimal tanpa kabur meski tangan goyang, serta (khusus untuk iPhone 7 Plus) kamera sekunder dengan lensa telefoto yang akan memberikan kualitas lebih baik untuk lensa sudut lebar.

Meski secara garis besar, para penggemar iPhone sudah mengetahuinya, namun ada beberapa hal yang patut diketahui mengenai lensa-lensa dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Berbeda dengan kamera tradisional berbasis film, kamera-kamera modern menggunakan sebuah sensor yang menangkap cahaya lewat lensa, dan semakin besar sensor tersebut, semakin terang dan jelas pula hasil fotonya. Angka-angka yang digunakan untuk mendeskripsikan ukuran sensor dalam inci adalah sebagai berikut: 1/2,3", 1/2,6", 1/3", 1/3,2", dan seterusnya. Sensor terbesar pada sebuah kamera modern adalah 1/2,3".

Berdasarkan keterangan yang dirilis Apple, kamera ganda pada iPhone 7 Plus memiliki sensor 1/3" untuk lensa utama. Sementara untuk lensa kedua memiliki ukuran sensor yang lebih kecil, 1/3,6".

Dibandingkan dengan kamera-kamera pada smartphone terbaru yang kini beredar di pasaran, sensor yang dimilikinya termasuk lebih kecil. Bandingkan dengan Samsung Galaxy S7 yang memiliki sensor 1/2,5", sementara LG G5 1/2,6".

Apakah ini berarti kamera iPhone 7 Plus kalah kelas dibandingkan Galaxy S7 dan LG G5? Belum tentu karena mungkin Apple memiliki software yang lebih baik bila disandingkan dengan keduanya. Namun belum ada klaim resmi mengenai hal tersebut. Untuk itu, ikuti terus perkembangan informasi tentang kamera iPhone 7 Plus ini,

 

sumber : gopego