Memilih Kamera CCTV Infrared

Membeli kamera CCTV Inframerah secara online melalui situs web kadang-kadang bisa menjadi proses yang menakutkan dan membingungkan. Kami menulis panduan ini atas permintaan beberapa pelanggan yang berpikir juga akan bermanfaat bagi pembeli lainnya. Seperti biasa, jika Anda memiliki pertanyaan spesifik tentang kamera cctv inframerah atau memerlukan saran lainnya dalam memilih peralatan, silahkan hubungi STEALTH CCTV di 021 – 2951 2315.

Dasar-dasar Kamera Infrared

Sebuah Kamera Infrared (IR) akan mampu menangkap gambar warna dalam cahaya normal, serta gambar hitam putih dalam cahaya rendah atau gelap gulita. Hal ini karena sebuah kamera IR menggunakan LED inframerah yang dikendalikan oleh fotosel pada kamera CCTV. Kemampuan kamera untuk beralih dari mode warna ke hitam putih dengan sensitivitas IR dicapai melalui manipulasi elektronik dari gambar yang diterima, dengan menggunakan IR cut filter mekanis, atau dengan menggunakan kombinasi kedua metode tersebut.

perbandingan kamera infrared IR dengan CCTV kamera biasa

Panjang gelombang cahaya inframerah diukur dalam nms dan iluminator IR yang digunakan pada CCTV berada dalam kisaran 730 ~ 950 nms. Spektrum yang paling banyak digunakan untuk kamera terintegrasi adalah 840 ~ 850nms yang menghasilkan sedikit pendaran cahaya merah pada kamera tetapi sebaliknya tidak terlihat oleh mata manusia. Sedangkan pada IR dengan panjang gelombang 950 nms tidak menghasilkan cahaya, tapi membutuhkan kamera dengan sensitivitas IR yang sangat tinggi untuk menghasilkan gambar dan jangkauan dapat sangat dikurangi.

Banyak penjual di Web secara signifikan melebih-lebihkan produk IR mereka dan tidak menjelaskan variabel yang sangat mempengaruhi manfaat pencahayaan IR. Tidak jarang anda menemukan produsen yang mampu mencapai jarak 30, 50 bahkan 100 m namun ternyata hanya mampu mencapai IR yang efektif sejauh 10-15m.Ketika produsen menyatakan spesifikasi kamera IR, kemungkinan pengujian dilakukan di dalam ruangan. Karena cahaya IR bersifat reflektif, maka efek refleksi pada dinding, langit-langit dan lantai akan meningkatkan jangkauan. Ketika kamera yang sama ditempatkan dalam lingkungan lain seperti lokasi publik atau tempat bisnis lain maka rentang IR akan berkurang secara signifikan.

Klaim lain seperti infrared yang berukuran ekstra besar atau jumlah LED tidak harus menjadi bahan pertimbangan, karena akan tergantung pada pembuat kamera inframerah tersebut. Misalnya, sebuah kamera dengan jumlah 18 LED dapat menghasilkan jangkauan yang sama dengan satu unit yang memiliki 50 LED. Jangkauan kamera cctv infrared akan ditentukan oleh kualitas LED dan kamera yang digunakan dalam proses manufaktur.

Karakteristik fisik IR Kamera.

Koneksi BNC adalah standar industri di seluruh dunia untuk menghubungkan peralatan kamera CCTV profesional . Kamera IR terintegrasi cenderung memerlukan Rating IP 65 atau lebih. Jangan menilai kamera hanya dari tampilannya saja. 2 kamera dari produsen yang berbeda mungkin terlihat sama, tapi kualitas komponen bisa sangat membedakan hasil gambar secara signifikan. Foto produk tidak akan secara jelas menunjukkan kualitas bahan konstruksi kamera. Beberapa kamera yang mungkin terlihat mirip dapat terbuat dari polikarbonat atau bahan plastik lainnya yang berbeda.

CCD Image Sensor

Dalam CCTV istilah “CCD” secara keliru digunakan sebagai sinonim untuk jenis sensor gambar yang dipasang pada kamera meskipun sebenarnya “CCD” merujuk semata-mata pada cara sinyal gambar dibaca oleh chip. Namun hal ini sudah biasa digunakan dalam spesifikasi yang sekarang digunakan sebagai alat untuk mengidentifikasi siapa produsen dan resolusi sensor gambar kamera.

Walaupun kamera CCTV yang memiliki CCD berbasis Sony akan menghasilkan pengambilan gambar yang baik dan berkualitas, merek sensor gambar bukan satu-satunya faktor yang harus dipertimbangkan ketika memilih kamera infrared. Ada produsen lain seperti Sharp dan LG, yang memproduksi sensor gambar yang memiliki kualitas cukup baik. Ukuran sensor CCTV Kamerajuga sama pentingnya yang biasanya bernilai 1/3″ dan ¼”. Istilah TVL adalah menggambarkan resolusi horizontal kamera yang bila bernilai semakin tinggi maka akan semakin tinggi juga resolusi yang dihasilkan.