Tips memilih DVR untuk camera CCTV, DVR adalah (Digital Video Recorder) yang fungsinya untuk merekam video kedalam harddisk, banyaknya vendor DVR berlomba-lomba untuk menawarkan produknya dengan harga yang saling bersaing, apa hubunganya dengan camera cctvnya.

Tips Memilih DVR untuk camera CCTV ditulis untuk berbagi informasi yang diperoleh dari pengalaman, secara teori memang DVR hampir sama fungsinya, beberapa hari yang lalu kami melakukan uji coba terhadap beberapa merek DVR yang beredar dipasaran ternyata setiap merek mempunyai kelebihan dan kekurangan, tidak ada maksud untuk promosi dan membedakan antar produk jadi artikel kali ini tidak saya sebut kan merek DVRnya.
 

Tips Memilih DVR


DVR A, mempunyai kelebihan Dual Streaming dan I/Onya juga terlihat banyak, DVR B terkesan biasa saja dan tidak ada kelebihan yang ditonjolkan jika dilihat dari feature boxnya, begitu melakukan uji coba dengan menggunakan kamera yang sama dan sudut view yang sama terlihat ada perbedaan antara DVR tersebut, video yang ditampilkan oleh DVR A ternyata tidak begitu sempurna, sedangkan DVR B video yang dihasilkan sempurna.

Pada umumnya DVR terdiri dari 4 Chanel, 8 Chanel, dan 16 Chanel, jadi jika hendak memasang camera cctv sebanyak 6 kamera sebaiknya menggunakan DVR yang 8 Chanel.

Berikut pertimbangan dalam memilih DVR sebelum melakukan pemasangan :

  • Berapa banyak camera cctv yang akan dipasang ?
  • Banyaknya jumlah camera cctv yang akan dipasang tergantung dengan jumlah chanel yang bisa di terima oleh DVR, 4, 8 dan 16 Chanel.
  • Berapa lama waktu rekam yang diinginkan ? 
  • Lama waktu rekam DVR tergantung dari berapa besar kapasitas harddisk yang terpasang di dvr tersebut, dan berapa banyak juga jumlah camera yang direkam, juga tergantung dari pengaturan rekaman yang dibuat apakah merekam secara keseluruhan full time atau motion detec merekam berdasarkan gerak yang terjadi.
  • Apakah ada rencana kedepan untuk melakukan penambahan camera ?
  • Jika ada rencana penambahan pada instalasi camera dikemudian hari ada baiknya menggunakan DVR dengan chanel yang lebih besar, dan jika menambah DVR lagi sebaiknya gunakan DVR dengan merek yang sama, hal ini untuk aplikasi view seperti CMS yang biasa digunakan, tujuannya agar pada saat melihat dari internet cukup dengan menggunakan satu aplikasi sudah dapat melihat secara keseluruhan.
  • Apakah DVR difungsikan hanya sebatas merekam saja ?
  • Awalnya DVR hanya difungsikan hanya sebatas merekam saja, dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini bahkan DVR sudah dilengkapi dengan fasilitas tambahan lainnya seperti alarm, sensor dan lain sebagainya, untuk hal ini carilah DVR yang sudah mendukung fasilitas tersebut, dan memaksimalkan fungsi DVR sebagai kemanan. 
dvr-cctv
  •  Gambar Backpanel DVR dengan I/O
  • Gambar diatas adalah bagian belakang dari DVR dengan I/O yang cukup lengkap, empat imput video dan empat input audio sehingga memungkinkan bisa merekam dengan video dan suara


Saat ini modul dvr cctv sudah banyak sekali beredar dengan berbagai macam bentuk dan merek, juga kelebihan-kelebihan yang menjadi keunggulan masing-masing produk yang ditawarkan, yang paling umum untuk dvr cctv saat ini, bisa di akses dari perangkat lain, atau istilah remote view melalui handphone, iphone atau gedget lainnya, dilengkapi dengan file video compres dan port buat jaringan, untuk memberikan ip address agar bisa diakses dari jaringan lokal bahkan bisa melalui jaringan internet,