Apa sih Monitor itu?
Monitor adalah suatu perangkat keras (Hardware) yang digunakan untuk alat output data secara gradis pada CPU, monitor bisa disebut juga dengan Layar Tampilan Komputer. Kegunaannya itu tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian komputer, sehingga monitor itu untuk menampilkan gambar maka tentunya komputer sangat sulit digunakan dan juga sama sekali tidak bisa digunakan karena tidak adanya monitor. Monitor bisa disebut juga dengan VDU (Visual Display Unit).

 Fungsi Monitor itu Apa?
Monitor berfungsi sebagai output dari CPU berupa biner. Monitor ini mengubahnya dari bahasa biner menjaid bahasa manusia dan ditampilkan kedalam layar monitor sehingga bisa dilihat oleh user. Semua monitor memiliki jenis resolusi yang digunakan untuk menampilkan gambar pada layar monitornya. Ukuran inci LCD memberitahu kita apa jenis resolusi yang tersedia di monitor tersebut. Sebuah layar monitor 17-Inci dapat memiliki resolusi 1025x768, sedangkan layar 20-Inci akan memiliki resolusinya 1600x1200. Waah lebih mantap melihat yang 20-Inci ya. Maksud dari Jumlah dalam inci itu adalah ukuran layar monitor diagonal, sementara resolusi adalah lebar pixel dengan tinggi pixer. Meskipun laptop memiliki built-in Monitor, beberapa laptop tersedia dengan Port S-Video, yang dapat memungkinkan kabel S-Video untuk kabel itu ke layar televisi tertentu. Ketika televisi berubah ke input yang sudah tepat, akan bertindak sehingga monitor itu sebagai Clonning.

Tahukah anda ada berapa jenis Monitor yang ada saat ini?
Jenis Monitor yang ada saat ini hanya ada 4 jenis, yaitu

1. CRT (Chatode Ray Tube)

Monitor CRT merupakan monitor yang berbentuk seperti tabung sinar katoda atau masyarakat sering menyebutnya dengan monitor tabung. Pasti kalian pernah membeli komputer yang cukup lama pasti kalian mempunyai monitor ini. Monitor CRT dibuat menggunakan tabung hampa untuk layar. Monitor CRT dan Televisi tabung sepertinya tidak ada bedanya. Ingin tahu tentang Cara kerja Monitor CRT? Oke akan saya jelaskan, Cara kerja Monitor CRT yaitu dengan memancarkan sinar elektron ke sebuah titik titik kecil pada layar. Sinar tersebut menampilkan sisi terang jika diperkuat oleh kontras yang sudah maximal, sedangkan untuk diperlemahnya dari sisi gelap. Monitor CRT lebih murah dibandingkan dengan jenis monitor komputer lainnya. Untuk ukurannya, Monitor CRT ini lumayan besar untuk membuat tempat diletakkannya monitor itu harus ditempat yang luas.

2. LCD (Liquid Cristal Display)

Monitor LCD ini menggunakan media cairan kristal, tidak seperti Monitor CRT yang menggunakan tabung dan juga besar. Cara kerja Monitor LCD itu dengan memancarkan sinar melalui kristal cair, kemudian dipancarkan secara elektrik sehingga membentuk sebuah panel panel kecil yang datar. Dari segi bentuk Monitor LCD, Monitor LCD menggunakan teknologi Flat Panel Display yang artinya Monitor Berlayar Datar. LCD ini memiliki kemampuan untuk resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Monitor CRT. Bentuk yang ramping dan pipih penggunaan Monitor LCD dipadukan ke Laptop.

3. LED (Light Emitting Diode)

Bentuk dari Monitor LED ini menyerupai Monitor LCD, namun Monitor LED lebih ramping daripada Monitor LCD. Monitor LED memunculkan sebuah tampilan kepada di layar menggunakan emisi cahaya. Monitor LED menggunakan teknologi LED Backlight. LED lebih efisien mengeluarkan cahaya. Kelebihan dari Monitor LED yaitu dari segi daya listrik Monitor LED lebih hemat daripada Monitor LCD. Namun Monitor ini memliki kelemahannya juga, kelemahannya yaitu dari harganya, harganya itu cukup mahal untuk membelinya.

4. Plasma

Monitor Plasma merupakan monitor yang menggunakan gas neon atau xenon yang diletakan diantara dua lapisan plat kaca. Pada lapisan gas itu di aliri listrin sehingga memberi reaksi berupa penciptaan pixel. Untuk kualitas gambar lebih baik karena dalam proses pembuatan gambarnya dilakukan secara langsung tanpa harus diuraikan dulu. Monitor Plasma menggunakan teknologi gabungan, gabungannya dari CRT dan LCD. Hal ini membuat ketipisan Monitor Plasma menyerupai Monitor LCD dan sudut pandangnya juga luas yang menyerupai Monitor CRT.

 

Sekarang anda sudah faham tentang Monitor? dari Pengertian Monitor, Fungsi Monitor, Jenis jenis Monitor, dan juga Cara kerja masing masing jenis monitornya.