Berbicara tentang printer, tentu akan menyinggung tentang printer kasir juga. Ada berbagai kategori printer yang ada di pasaran. Jenis printer tersebut adalah printer kasir dot matrix, thermal, dan mobile. Printer tersebut banyak digunakan di toko-toko dan pusat perbelanjaan. Tidak perlu menggunakan nota yang ditulis tangan tetapi dapat dicetak dengan cepat menggunakan printer untuk kasir. Anda dapat dengan mudah memperoleh printer tersebut di toko printer.
Pertama kita akan membahas tentang printer kasir yang dot matrix. Jenis tersebut memiliki kelebihan dapat mencetak pada kertas rangkap atau biasa disebut kertas CNR. Sedangkan kekurangannya adalah proses cetak menggunakan printer ini menimbulkan suara yang lebih keras. Harga dari printer jenis dot matrix ini juga lebih murah bila dibandingkan dengan jenis thermal.
Jenis lain dari printer kasir adalah printer thermal. Printer thermal menggunakan teknologi pemanasan pada kertas atau direct thermal dalam mencetak tulisan atau karakter. Kertas yang digunakan untuk jenis thermal adalah kertas khusus yang di sebut dengan kertas thermal. Saat mencetak kertas thermal akan dipanasi oleh head printer sehingga akan mulai mencetak tulisan dan karakter pada struk. Kelebihan dari jenis printer tersebut adalah proses mencetak berjalan lebih cepat serta tidak menimbulkan suara bising. Kekurangannya adalah printer thermal ini tidak bisa untuk mencetak nota rangkap.
Jenis printer lainnya adalah printer kasir mobile. Terlihat dari namanya, printer ini adalah printer kasir yang bertujuan untuk digunakan secara mobile. Bentuk printer ini adalah sebuah printer mini supaya praktis untuk dibawa. Bentuknya lebih kecil dari printer untuk kasir yang standar. Printer mobile saat ini mulai banyak dipakai terutama bagai pada pedagang yang sering mobile seperti sales distributor, pedagang yang menggunakan mobil atau kendaraan lain. Menggunakan printer mobile dapat membuat semakin mudah dalam mencetak struk untuk pelanggan mereka.