Mungkin dua pertanyaan diatas banyak dipikirkan oleh banyak orang atau pemilik suatu perusahaan, toko, gudang dan aspek-aspek usaha lainnya. Perlukah kita menggunakan Barcode ? Apa keuntungan dengan menggunakan Barcode ? Karena untuk menerapkan Barcode di bidang usaha memerlukan biaya yang cukup lumayan besar.

Dibalik biaya yang cukup besar untuk diinvestasikan di bidang Barcode ternyata ada keuntungan yang sangat besar yang bisa diperoleh dengan menerapkan teknologi Barcode. Adapun keuntungan dari penerapan Barcode adalah sebagai berikut :

1. Proses Input Data lebih Cepat, Tepat, dan Akurat


- Cepat : Barcode Scanner dapat membaca / merekam data lebih cepat dibandingkan dengan melakukan proses input data secara manual
- Tepat : Teknologi Barcode mempunyai ketepatan yang tinggi dalam pencarian data.
- Akurat : Teknologi Barcode mempunyai akurasi dan ketelitian yang sangat tingi.

 

 

2. Mengurangi Biaya


- Mengindari kerugian dari kesalahan pencatatan data.
- Mengurangi pekerjaan yang dilakukan secara manual secara berulang-ulang.

 

 

3. Peningkatan Kinerja Manajemen

- Dengan data yang lebih cepat, tepat dan akurat maka pengambilan keputusan oleh manajemen akan jauh lebih baik dan lebih tepat, yang nantinya akan sangat berpengaruh dalam menentukan kebijakan perusahaan.
- Kemampuan bersaing dengan perusahaan saingan / kompetitor akan lebih terjaga.

 

Penggunaan Barcode diatur oleh suatu lembaga yang mengatur mengenai perizinan penggunaan Barcode. Di Indonesia lembaga ini bernama GS1 Indonesia.