Buat para pecinta smartphone murah alias black market pasti kenal dengan istilah ini deh!

Ya, HP Docomo! Banyak orang yang menyebutkan kalau HP Docomo merupakan smartphone Jepang yang telah sesuai standar sana.Nah dibalik harga murah dan spesifikasi HP Docomo, ada beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya nih. Apa saja ya?Sebelum kamu mengetahui kekurangan HP Docomo di Indonesia, lebih baik kenali dulu apa sih sebenarnya HP Docomo itu?

Docomo bukanlah sebuah merek smartphone. Melainkan nama sebuah operator selular di Jepang, sama seperti Telkomsel, XL Axiata atau Indosat Ooredoo di Indonesia.

Docomo yang adalah singkatan dari "Do Communication over the Mobile Network" memberikan bundling dengan sejumlah smartphone dan dijual beserta dengan layanan internetnya.Di Indonesia sendiri, HP Docomo yang kerap kamu temui berasal dari merek seperti Samsung atau Sony. Namun pada dasarnya Docomo hampir mem-bundling hampir semua merek dan bisa kamu lihat di sini https://www.nttdocomo.co.jp/english/product/.

Lalu bagaimana HP Docomo bisa sampai di Indonesia?

Sama seperti HP black market lainnya, HP Docomo yang dijual di Indonesia umumnya smartphone bekas atau yang sudah habis masa kontraknya. Karena tidak bisa dijual kembali di negara asalnya, Jepang HP Docomo malah dijual secara bebas secara internasional, termasuk salah satunya di Indonesia dengan harga relatif murah.Apalagi dengan spesifikasi sama seperti versi aslinya, banyak orang tergiur memiliki HP Docomo guys.

Eitsss... namun sebelum kamu memilikinya ternyata ada beberapa kekurangan HP Docomo yang wajib kamu tahu loh.Di samping berbagai aspek menggiurkan yang ditawarkan smartphone asal Jepang ini, ada beberapa kekurangan HP Docomo khususnya di Indonesia yang perlu kamu ketahui loh.

  •     Desain yang Berbeda Dibandingkan Versi Internasional


Memang saat kamu membeli smartphone dengan label Docomo, pasti ada saja orang yang menyebutnya sebagai HP palsu, KW alias tiruan.Kenyataannya bukan begitu guys. Smartphone Docomo bisa saja mengalami beberapa ubahan dibandingkan dengan versi internasional yang dijual resmi.Misalnya saja, ponsel Samsung atau LG yang dijual di Jepang dengan bundling Docomo nggak akan memberikan label mereknya.Namun tenang saja untuk masalah mesin dan spesifikasi keseluruhan, HP Docomo masih menggunakan versi yang sama kok. Nggak terlalu masalah sih!

  •     Custom ROM yang Tidak Bisa Di-Update

Nah karena bundling Docomo dikhususkan untuk penggunaan di negara Jepang saja, maka untuk dijual di luar harus menggunakan custom ROM agar bisa digunakan.Misalnya saja untuk meng-unlock SIM agar bisa terkoneksi jaringan 4G operator di Indonesia dan keperluan lainnya.Sayangnya saat menggunakan custom ROM di HP Docomo, kamu akan selalu gagal dan tidak bisa mendapatkan update terbaru sama seperti versi internasional.Jadi saat ROM yang kamu dapatkan menggunakan basis Android Marshmallow, maka selamanya akan 'mandek' di OS tersebut dan tidak bisa naik ke Android Nougat loh.

  •     Beberapa Fitur Esensial Tidak Bisa Digunakan

HP Docomo memang punya banyak fitur menarik yang dikhususkan untuk pengguna di Jepang. Seperti fitur waterproof hingga wireless charging.Namun jangan berharap fitur-fitur tersebut hadir di HP Docomo yang ada di Indonesia. Misalnya saja fitur NFC hingga WiFi hotspot yang tidak bisa digunakan di luar Jepang guys.

  •     Mode Kamera yang Tidak Bisa Di-Silent

Khusus untuk beberapa model iPhone yang berasal dari Jepang, ada satu masalah yang dikeluhkan oleh para pengguna yang memakai fitur fotografi.Salah satu kekurangan HP Docomo tersebut adalah tidak bisa mematikan suara shutter saat menggunakan mode kamera untuk memotret.Pasalnya di Jepang sendiri hal ini sudah menjadi suatu kewajiban guys. Apalagi untuk mencegah diambilnya foto-foto tidak senonoh secara sembarangan yang marak terjadi.

  •     Klaim Garansi Meragukan

Nah terakhir merupakan kekurangan HP Docomo di Indonesia dan juga smartphone black market lainnya adalah soal klaim garansi.Walaupun menawarkan garansi internasional namun jangan berharap banyak. Karena paling jauh kamu hanya akan mendapatkan garansi distributor yang kurang memberikan jaminan. Jadi jika smartphone kamu mengalami masalah atau rusak, jangan berharap deh bakal kembali ke keadaan semula! Yakin masih mau coba beli?

Akhir Kata

Nah mungkin itu saja yang bisa sedikit Jaka ulas mengenai apa itu HP Docomo sebenarnya dan apa saja kekurangan HP Docomo di Indonesia. Semoga cukup mencerahkan kamu sebelum membeli.Saat ini kamu masih bisa mendapatkan smartphone seperti ini di berbagai e-commerce di Indonesia. Jadi kembali ke kamu, bakalan beli atau nggak nih?