1. Pengertian Scanner

           Scanner adalah suatu alat yang di gunakan untuk memindai suatu bentuk, foto, dokumen, dan lain lain. Pada umumnya, scanner digunakan bersama dengan komputer sebagai hardware, dan hasil dari scanner berupa data digital. Hasil pemindaian pada umumnya akan ditransformasikan komputer dengan scanner itu , bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer

  1. Sejarah Scanner

Scanner berkembang sejak tahun 1975. Tepat pada saat Ray Kurzweil dan timnya menciptakan Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR (Optical Character Recognation) Technology. Software ini berfungsi mengenali teks yang ada dalam objek yang discan dan menerjemahkannya menjadi data dalam bentuk teks. Pada saat itulah scanner mulai berkembang, hingga saat ini teknologi scanner mulai berkembang pesat. Hingga saat ini scanner dapat mendeteksi bentuk tiga dimensi. Scanner pertama kali ditemukan oleh Robert S. Ledley  lahir di Newyork, Amerika Serikat pada tahun 1926. Lalu pada tahun 1943 lahirlah CT Scanner yang mampu memindai seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Mesin temuannya itu di namakan Automatic Computerized Transverse Axial (ACTA).

Pada saat ini, scanner sudah semakin berkembang dengan pesat. Banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk, diantaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard  (HP), EPSON, UMAX , Panasonic, Samsung, Fujitsu, Lexmark dan masih banyak lagi brand scanner yang lainnya yang semakin berkembang dengan pesat seiring penemuan baru teknologi scanner. Dari awal mulanya scanner hingga saat ini telah banyak modifikasi yang di buat untuk memajukan teknologi scanner itu sendiri. Demikian sejarah singkat dari scanner.

  1.     Jenis Scanner

Sebagaimana kita ketahui jenis, macam, dan bentuk scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard.

Adapun jenis-jenis scanner yang sering kita temui sebagai berikut :

  1. Flat Bed Scanner

Scanner jenis ini adalah scanner yang sering kita temui, yaitu entuknya yang persegi panjang. Memiliki sebuah papan penutup, dan lapisan kaca tempat meletakkan gambar. Cara penggunaan scanner ini adalah dengan meletakkan objek yang akan di scan di atas kaca pemindai kemudian sensor pemindai akan bergerak menyusuri objek untuk memperoleh hasilnya.

  1. Handandheld Scanner

Handandheld Scanner adalah scanner yang di oprasikan menggunakan tangan. Untuk mengoprasikan scanner ini di butuhkan sedikit keahlian khusus, karena cukup sulit menggerakkan scanner secara manual. Scanner ini banyak di gunakan pada supermarket (barcode).

  1.     Perkembangan Scanner
    Pada masa sekarang ini scanner sudah banyak mengalami perkembangan baik dalam teknologi maupun bentuk dari scanner itu sendiri. Selain itu fungsi dari scanner juga telah banyak, salah satu contohnya sudah ada scanner yang di gabungkan dengan printer, dan masih banyak lagi. Serta, tidak dapat di pungkiri kalau beberapa saat ke depan akan semakin banyak produk baru dari scanner yang lebih canggih lagi.