Jenis-jenis simcard

Simcard adalah bagian terpenting dari sebuah handphone atau telpon bergerak (mobile phone). Tanpa simcard handphone tidak dapat digunakan untuk nelpon, kirim sms atau terhubung ke data service untuk akses internet ataupun kirim email. Diibaratkan simcard adalah nyawanya perangkat handphone.

SIM adalah singatan dari Subscriber Identity Module atau Subscriber Identification Module. Simcard berarti sebuah kartu yang memiliki nomor identitas unik yang digunakan pada telephone bergerak (mobile phone) pada jaringan seluler. Selain itu simcard juga dapat menyimpan beberapa nomor kontak telpon dan SMS.

 

Saat ini, ada tiga jenis simcard di pasaran. Ketiga jenis ini hanya berbeda dalam hal ukurannya saja sedangkan fungsinya tetap sama sebagaimana fungsi simcard pada umumnya.

Ketiga jenis simcard ini adalah:

  1. Simcard standard (Standard Simcard)
  2. Simcard mikro (Micro Simcard)
  3. Simcard nano (Nano Simcard)

Berikut gambar ketiga jenis simcard.SIM Sizes

Berikut tabel perbandingan ukuran dari ketiga jenis simcard.

Jenis SImcard Panjang (mm) Lebar (mm) Tebal (mm) Alias
Standard 25 15 0,76 Mini Simcard, 2FF
Micro 15 12 0,76 3FF
Nano 12,30 8,8 0,67 4FF

Terlihat pada tabel di atas nama lain dari jenis simcard ini. Singkatan FF berarti Form Factor.

Simcard Standard.
Simcard jenis ini kadang disebut juga Simcard mini (Mini Simcard) atau Simcard reguler (Reguler Simcard). Simcard yang banyak dipakai pada handphone lawas. Beberapa smartphone dan tablet juga masih menggunakan simcard ukuran ini. Namun smartphone keluaran baru nampaknya sudah banyak yang menggunakan simcard mikro. Ukuran fisik simcard standard adalah panjang : 25mm, lebar : 15mm dan tebal :  0.76mm.

Simcard mikro.
Simcard jenis ini umumnya banyak digunakan pada smartphone saat ini. Ukuran fisiknya adalah panjang : 15mm, lebar : 12mm dan tebal : 0.76mm. Untuk mendapatkan simcard ukuran mikro, bisa dilakukan dengan cara memotong simcard standar. Sehingga jika kita membeli smartphone yang menggunakan simcard mikro, sementra simcard kita ukurannya standard, biasanya penjualnya membantu memotongkan simcard kita tersebut menjadi ukuran simcard mikro.

Simcard nano.
Simcard jenis ini masih cukup jarang digunakan. Jenis ini merupakan jenis simcard terkecil saat ini. Ukuran fisiknya adalah panjang : 12.3mm, lebar : 8.8mm, tebal : 0.67mm. Namun sebagian produk smartphone keluaran tahun 2015 sudah menggunakan simcard nano ini. Misalkan jika anda membeli smartphone produk Apple, iPhone 5 hingga iPhone 6S, sebaiknya anda menyiapkan jenis simcard nano ini. Karena ke dua seri produk Apple ini menggunakan simcard ukuran nano. Begitu juga dengan produk smartphone Samsung terbaru, Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge, keduanya juga sudah menggunakan simcard nano.

Macam-macam ukuran simcard

Mengganti Simcard.
Yang dimaksud mengganti di sini adalah mendapatkan simcard yang ukurannya sesuai dengan smartphone kita yang baru, namun nomornya tetap sama. Karenanya perlu kita ketahui jenis simcard yang digunakan oleh smartphone atau tablet yang akan kita beli. Ada dua cara untuk mengganti simcard ini.

  • Memotong Simcard.
    Jika kita membeli smartphone atau tablet yang menggunakan simcard ukuran mikro, sementara simcard yang kita miliki berukuran standard (simcard standard), simcardnya bisa dipotong dengan alat potong khusus sehingga ukurannya menjadi simcard mikro.
    Namun jika yang diinginkan adalah simcard ukuran nano, ini tidak bisa dilakukan hanya dengan hanya dengan memotong kartu simcard standard karena ketebalan simcard standard berbeda dengan ketebalan simcard nano. Sedangkan simcard standar dan simcard mikro memiliki ketebalan yang sama.
  • Ganti via oprator selulernya.
    Kita order penggatian ini melalui operator selulernya untuk mendapatkan simcard ukuran mikro ataupun simcard nano dengan nomor yang tetap sama. Cara ini lebih aman namun akan mengeluarkan biaya tambahan.

Ada baiknya kita pastikan jenis simcard yang digunakan oleh sebuah smartphone sebelum membelinya. Berikut daftar smartphone beserta ukuran simcardnya.