Banyak material yang dipergunakan brand untuk smartphone-smartphone besutan mereka. Mulai dari plastik, metal hingga kaca yang populer di kalangan HP flagship.Lalu kenapa ya, HP flagship masa kini rata-rata menggunakan material kaca. Bakalan gampang pecah ya?

Nah kali ini Jaka bakal ulas alasan di balik penggunaan material kaca pada HP flagship. Yuk simak selengkapnya guys. Banyak brand yang mulai menggunakan material kaca, terutama untuk HP flagship mereka. Sebut saja Samsung, Apple hingga LG rata-rata menggunakannya loh.Lalu kenapa ya banyak brand sepertinya "rela berkorban" untuk menggunakan material yang terbilang punya durabilitas yang sedang. Berikut ulasannya!

1. Tren dan Estetika

Tren desain smartphone terus berkembang dari masa ke masa. Mulai dari menggunakan bodi bermaterial plastik dan fleksibel, hingga metal yang punya durabilitas sangat baik.Nah saat ini bodi bermaterial kaca tengah menjadi tren. Pasalnya banyak brand bisa lebih bisa menata estetika desain sebuah smartphone, khususnya untuk jajaran flagship.Mulai dari memberikan jajaran warna yang menarik, seperti pada seri Samsung Galaxy S8 hingga Samsung Galaxy S9. Hingga diikuti seri iPhone X dan berbagai brand lainnya.


2. Keperluan Wireless Charging

HP flagship mengharuskan brand untuk menanamkan fitur selengkap-lengkapnya dalam sebuah perangkat. Termasuk pula untuk keperluan wireless charging yang tengah naik daun belakangan ini. Nah untuk smartphone yang mendukung teknologi Qi wireless charging mengharuskan brand menggunakan material kaca pada bodi belakangnya.Pasalnya material plastik dan metal memang kurang optimal digunakan untuk mengakomodir fitur yang satu ini guys.

3. Bisnis Aksesoris

Salah satu kekurangan dari HP dengan bodi kaca adalah licin dan mudah tergelincir dari genggaman maupun saku celana. Nah di sinilah beberapa pihak mencari peluang.Termasuk untuk keperluan bisnis, banyak brand juga telah bekerja sama dengan pihak ketiga.Contohnya untuk menghadirkan aksesoris berupa casing tambahan untuk keperluan proteksi dan berbagai barang lainnya loh. Sama-sama saling menguntungkan, kan?

4. Rugged Phone

Alasan berikutnya adalah beberapa brand smartphone juga menhadirkan lini rugged phone yang memiliki durabilitas alias daya tahan tinggi.Seperti halnya brand asal Korea Selatan yang juga mengeluarkan seri Samsung Galaxy S8 Active, yang sebenarnya memiliki jeroan yang sama persis seperti Galaxy S8 reguler.Namun begitu, Samsung Galaxy S8 Active diklaim memiliki daya tahan terbaik, bahkan kamu nggak perlu proteksi casing tambahan loh.

5. Asuransi

Terakhir tentu adalah masalah asuransi. Brand-brand yang umum menjual HP flaghsip, seperti Apple juga memiliki layanan asuransi bernama AppleCare.Sebagai contoh, AppleCare akan memberikan asuransi selama dua tahun untuk kerusakan HP seperti layar retak, bodi belakang pecah dengan membayarkan sejumlah uang.Angkanya pun lumayan menguras kantong, yakni 199 dolar AS (sekitar 2,8 juta rupiah) selama satu tahun atau 299 dollar AS (sekitar 4,2 juta rupiah) termasuk asuransi karena hilang atau tercuri.

Akhir Kata

Nah itulah dia beberapa alasan kenapa HP flagship saat ini umumnya menggunakan material kaca dan rawan serta mudah pecah guys.

Kalau menurutmu sendiri, apakah ini semua hanya persoalan bisnis belaka