Konsep QR Code (Barcode 2 Dimensi)

QR Code yang paling umum adalah kode matriks, yang menampilkan persegi atau dot-modul berbentuk diatur pada suatu pola grid. simbol 2-D juga datang dalam berbagai format visual lainnya. Selain dari pola melingkar, ada simbol 2-D beberapa yang mempekerjakan steganografi dengan menyembunyikan serangkaian modul atau berbentuk berbeda-ukuran dalam gambar yang ditentukan pengguna (misalnya, DataGlyphs).

steganografi : adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia.

simbol 2-D tidak bisa dibaca oleh laser karena tidak biasanya ada pola menyapu yang dapat mencakup seluruh simbol. Mereka harus scan oleh scanner berbasis gambar menggunakan perangkat charge coupled (CCD) atau teknologi sensor kamera digital.

CCD : charge-coupled device adalah sebuah sensor untuk merekam gambar, terdiri dari sirkuit terintegrasi berisi larikan kondensator yang berhubungan, atau berpasangan.

 

Pembacaan QR Code

ada dua cara dalam pembacaan QR Code yaitu:

1. Dengan menggunakan software khusus

Untuk pembacaan data yang ada pada QR code salah satunya bisa menggunakan HP yang didalam nya sudah terdapat software QR Code reader, beberapa HP yang sudah support dengan aplikasi tersebut antara lain blackberry dan hp java berkamera juga bisa mendownload gratis aplikasi 2D readernya

Gambaran umum ketika kita menggunakan QR Code pada HP adalah pada saat kita ingin bertukar PIN Blackberry kepada teman kita, kita tinggal tunjukan code tsb ke Blackberry teman kita atau jika kita membeli tiket pewasat secara online biasanya kita hanya akan menerima code yang berupa QR code tsb dan bisa kita tunjukan code tersebut ke putugas tiket yang ada dibandara, cukup praktis bukan ?

 

2. Dengan menggunakan Scanner 2D

Scanner yang support untuk membaca QR Code haruslah scanner barcode 2D yg berbasis CCD, seperti gambar dibawah ini:

 

Selain dengan menggunakan HP dan Barcode reader bahkan ada sejumlah produk kamera digital yang mampu menangkap citra barcode 2D untuk kemudian dapat diterjemahkan oleh software ke dalam pesan yang dapat dibaca oleh kita.