Mesin Kasir/ Cash register adalah suatu peralatan mekanik maupun elektronik untuk menghitung dan mencatat transaksi penjualan yang biasanya terintegrasi secara modul dengan laci (cash drawer) untuk menyimpan sejumlah mata uang.
Cash register umumnya juga mengeluarkan hasil cetak (print) dari struk penjualan (receipt) untuk pelanggan
6
manfaat mesin kasir(Cash Register) dapat digunakan untuk mencatat komponen pajak dalam penjualan, record data hasil laporan akhir, laporan laba rugi yang stabil. optimalisasi pengolahan data dan cepat dalam pemrosesan transaksi. hemat waktu dan relevan dalam bertransaksi. Untuk saat ini beberapa mesin kasir elektronik (Electronic Cash Register) bisa di sambungkan dengan perangkat bantu lainnya seperti timbangan digital, barcode scanner, pembaca kartu kredit atau kartu debit dan perkembangannya saat ini mengarah pada penggunaan mesin kasir yang berbasiskan komputer (PC Based Cash Register/ Point Of Sale POS) Keuntungan pemakaian Mesin Kasir (Cash Register) hanyalah karena bentuknya yang compact, selain dari sisi ekonomis harga juga terjangkau.

Mesin kasir juga dilengkapi dengan laci untuk menyimpan uang hasil pembayaran dari pembeli. Sehingga memudahkan penjaga kasir untuk melayani pembeli dalam hal memberikan uang kembalian atau menukar uang. Laci untuk menyimpan uangnya juga telah dibagi-bagi untuk memisahkan antara uang nominal satu dengan yang lainnya. Mesin tersebut memang sangat cocok untuk membantu menyelesaikan pekerjaan Anda lebih cepat, mengurangi resiko salah hitung, dan menjadikan pembeli merasa puas. Mesin kasir memiliki harga yang cukup terjangkau serta sangat berguna sekali. Jadi apabila Anda memiliki usaha yang memang membutuhkan mesin tersebut sebaiknya segera membelinya supaya keuntungan dari usaha Anda bisa semakin meningkat.

Keunggulan Mesin kasir bukan hanya sekedar software penjualan biasa adalah di sistem keamanannya karena selain dari sistem perangkatnya pun dilengkapi dengan kunci pengaman. Begitu juga dengan link barcode machine atau barcode machine product lainnya mempunyai system yang dirancang bagus.