Pernah merasa ngebet pengen ganti HP karena habis lihat-lihat daftar harga HP yang murah-murah?

Kalau kira-kira gak lebih dari 1 tahun bahkan kurang dari 6 bulan menggunakan HP tersebut, sebaiknya tahan dulu.

Namun, ada beberapa alasan kamu harus mengganti HP.
Tanda Kamu Harus Ganti HP Baru

Kamu sudah harus mulai mempertimbangkan untuk membeli HP baru jika sudah muncul tanda-tanda berikut.
1. HP Mulai Lemot

Seiring bertambahnya usia HP, performanya pun bakal menurun. Kalau setelah di-reset masih berjalan lama, gak dapat dipungkiri lagi sudah saatnya kamu harus segera beralih ke HP baru.
2. Baterai HP Cepat Habis

Saat baterai HPmu mulai sering habis tanpa terkendali, itu artinya kamu wajib ganti HP baru. Kesel kan kalo baru dipake 3 jam setelah diisi penuh, tiba-tiba sudah habis saja baterainya?
3. Layar Mulai Gak Responsif

Saat ini, respons sentuhan di HP itu sangat penting. gak mau kan gagal terus main PUBG atau Mobile Legends gara-gara layar gak responsif? Makanya, mending beli HP baru deh.
4. Layar sudah mulai retak

Pakai HP layar retak mungkin gak menjadi masalah karena tetap bisa berjalan normal dan tetap menyala.

Tapi, menggunakan HP layar retak bahaya lho karena jarimu bisa terluka. Dan, HP layar retak juga bisa merusak penglihatan.

Kalau harga memperbaiki layar beda tipis sama harga HP baru, lebih baik beli yang baru.
5. Smartphone Gak Support 4G

Di era internet of things, koneksi internet super cepat adalah kebutuhan mutlak. Jadi, kalau saat ini HP kamu masih belum support 4G agak gimana gitu.

Soalnya 4G LTE menjanjikan kecepatan internet yang lebih cepat dan lebih stabil dibandingkan jaringan 3G. Nyaman buat main game online dan streaming YouTube atau Netflix.

Terlebih, beberapa operator seluler di Indonesia seperti Telkomsel sudah mulai mengenalkan jaringan 5G.
6. Gak Dapat Update Sistem Operasi Terbaru

Setelah digunakan bertahun-tahun, akhirnya vendor memutuskan untuk berhenti memberikan update OS ke HP kamu. Sakit hati kan?

Saat ini terjadi, gak usah maksain instal Custom ROM yang malah bikin smartphone kamu ngadat, mending ganti HP baru.

Soalnya kalau HP gak dapat update sistem operasi terbaru, itu bisa jadi masalah. Selain rentan ancaman malware, dukungan aplikasi, dan game juga jadi terbatas kalau masih pakai sistem operasi lama.
7. Spek kamera jadul

Saat YouTuber muda yang sukses banyak bermunculan lewat aktivitas nge-vlog-nya, yakin kamu Gak iri? Kamu bisa mencoba nge-vlog juga asal punya smartphone yang dibekali kamera canggih. Toh di Android banyak juga aplikasi edit video gratis terbaik.

Tapi, kalo kamera HP kamu standar? Ya wajib banget beli HP baru. Minimal HP kamu sudah mendukung teknologi autofocus, LED flash, dan OIS untuk menghasilkan foto dan video yang keren.
8. Sering tiba-tiba mati sendiri

Ini yang paling ngeselin. Lagi enak-enak buka Instagram kepoin mantan eh terus HPnya mati. Jika hal ini terjadi sama kamu, mending HP yang sering mati mendadak itu diganti saja sama yang baru.
9. Perusahaan HP gak lagi melayani servis

Alasannya adalah material suku cadang HP milikmu sudah susah dicari. Ini artinya, HP kamu sudah ketuaan. Untuk itu, beli yang baru saja ya biar gak ngerepotin.
10. Sulit mendengar suara saat nelpon

Ini pun juga sering terjadi dibeberapa HP yang sudah ketuaan. Sebabnya bisa karena Hpnya pernah kemasukan air.

Supaya gak sering bilang Apa? Hah? Gak kedengeran! mending beli yang baru saja.
11. HP sering diservis

Kalau Hpmu sudah mulai sering keluar masuk tempat servis, ada baiknya kamu segera menggantinya. Repot juga kan kalau keseringan pergi ke tempat servis.
12. Penyimpanan data sering penuh

Pernah merasakan tiba-tiba saja storage HP kamu tiba-tiba penuh? Padahal kamu gak masukkin foto, musik, atau video, hanya aplikasi saja.

Kalau kamu pernah merasakan hal tersebut, itu karena aplikasi semakin canggih. Mengganti HP dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar sangat menguntungkan kamu agar bisa mengikuti perkembangan teknologi.
Akhir Kata

Coba cek, apa saat ini HP kamu mengalami tanda-tanda di atas? Jika setengah dari tanda-tanda di atas kamu alami, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk ganti HP baru.

Terlebih, sekarang banyak HP murah berkualitas yang bisa kamu jadikan pilihan kok.


sumber : jalantikus