Setelah mengetahui jenis printer barcode yang Anda butuhkan untuk cetak di media label yang sesuai, selanjutnya dibutuhkan jenis label blank dari semicoated, artpaper dan yupo. Untuk label akan kami bahas setelah komponen terpenting dari kualitas cetak printer barcode adalah Thermal Transfer Ribbon.

Untuk memilih jenis pita transfer thermal yang tepat untuk printer label barcode, Anda memastikan bahwa label transfer thermal Anda sesuai dengan kualitas dan daya tahan yang dibutuhkan dari pekerjaan yang ada. Ada tiga jenis dasar pita thermal yang tersedia untuk kebanyakan printer thermal transfer:

1. Pita Lilin (Ribbon Wax),
2. Pita Lilin-Resin (Wax Resin),
3. Pita Resin (Resin)

Kenapa ada kata thermal dalam ribbon (kalau printer konvensional layaknya fungsi tinta cair)? Di printer mempunyai fungsi thermal transfer yang bekerja menerapkan panas pada pita yang terbuat dari tinta lilin atau resin. Panas yang diterapkan oleh print head thermal melelehkan lilin atau resin ke permukaan kertas atau label, mencetak hasil sesuai keinginan Anda. Di bawah ini, kami menguraikan sifat masing-masing jenis pita dan pekerjaan mana yang paling sesuai untuk ketiga jenis pita yang telah disebutkan.

Jenis Pita Transfer Thermal

Label yang Anda gunakan menentukan kekuatan dan daya tahan yang dibutuhkan dari pita thermal transfer Anda. Menemukan pita cetak yang tepat bisa menjadi langkah penting dalam memastikan label Anda dapat dipindai, mudah dibaca, dan dapat diandalkan oleh scanner berbagai spesifikasi. Ada tiga kategori yang tersedia, masing-masing melayani tujuan yang berbeda.

Ribbon Wax, 
Pita transfer thermal lilin dilapisi dengan tinta berbasis lilin, yang membutuhkan suhu panas yang rendah.

Faktanya:

  1. Jenis pita transfer termal yang paling umum
  2. Direkomendasikan untuk stok kertas dilapisi (coated) dan tidak dilapisi (uncoated)
  3. Daya tahan hasil cetak cukup lama
  4. Harga murah
  5. Baik untuk label pelayaran, rak, ritel, dan gudang

Ribbon Wax Resin, 

Perpaduan antara pita transfer thermal berbasis lilin dengan resin memiliki suhu leleh antara ribbon wax dan ribbon resin. Hasil cetaknya menciptakan gambar yang tajam dan jernih pada berbagai jenis material, dan telah diuji secara ekstensif dengan produk printer transfer thermal kami.

Faktanya:

  1. Ideal untuk label transfer thermal standar dan label tahan cuaca
  2. Area yang dicetak lebih tebal dari pada ribbon wax biasa; lebih tahan terhadap penanganan goresan berat, kelembaban, dan perubahan suhu sesekali
  3. Harga menengah
  4. Baik untuk kode barcode, pengiriman, resep farmasi, dan label rak

Ribbon Resin.
Pita transfer termal resin penuh terbuat dari resin murni. Mereka meleleh pada suhu yang jauh lebih tinggi dan menyatu ke dalam bahan yang dicetaknya, sehingga menghasilkan daya tahan yang lama.

Faktanya

  1. Jenis pita paling mahal
  2. Untuk penggunaan non-kertas, stok sintetis
  3. Paling tahan lama dari semua jenis pita
  4. Baik untuk pelabelan aplikasi medis dan bahan kimia yang sangat sensitif, label tekstil atau garmen, label otomotif, dan kemasan fleksibel
  5. Tidak seperti situasi tertentu dimana produk top-of-the-line lebih baik daripada versi ekonomi, pita resin bisa menjadi berlebihan bila situasinya tidak menghendakinya. Anda mungkin harus melewati mereka untuk opsi ekonomi yang lebih rinci di atas jika proyek Anda tidak memerlukan daya tahan mereka.

Jika Anda ingin tahu harga dari variasi dan ukuran ribbon sudah dibahas diatas, bisa klik saya