Pada setiap Komputer, laptop atau mungkin PC desktop pasti terdapat komponen RAM didalamnya. Dan kita semua tahu jika disaat membeli laptop, kamu pasti sering menemukan istilah RAM pada spesifikasinya bukan? Sebenarnya apa si RAM itu? Kenapa istilah RAM sudah tidak asing lagi ditelinga kita, apalagi untuk mereka yang sudah mengenal gadget dan perangkat lain seperti laptop atau komputer.

RAM atau singkatan dari Random Access Memory merupakan sebuah memory atau perangkat keras komputer yang memang berfungsi untuk menyimpan data sementara. Setiap software atau aplikasi pasti membutuhkan kapasitas RAM supaya bisa berjalan pada sistem komputer. RAM pada PC / Laptop merupakan tipe RAM DDR (Double Date Rate) dimana memiliki jalur ganda dalam memproses instruksi dari atau ke prosesor. RAM DDR sudah berkembang dan memiliki berbagai tipe sesuai generasinya hingga sekarang muncul istilah DDR, DDR2, DDR3, dan DDR4.

 

Daftar 10 Merk RAM Terbaik Terawet untuk PC / Laptop dan Tahan Lama

Sedangkan tipe DDR RAM yang sekarang beredar di pasaran ada dua tipe yaitu DDR3 dan DDR4. Untuk tipe DDR pertama dan DDR2 yang beredar di pasaran umumnya hanya RAM bekas sebab tipe RAM seperti itu hanya dipakai untuk perangkat komputer atau laptop jadulApabila laptop kamu dengan tipe RAM DDR3, maka yang perlu kamu beli adalah tipe RAM DDR3 juga dan bukan DDR4 sebab semua tipe ini tidak memiliki kompabilitas satu sama lain.

Setiap orang yang memilih komputer atau laptop saat ini pasti salah satu hal yang sangat penting untuk mereka perhatikan adalah kapasitas RAM nya. Karena sebagian dari kamu mungkin sudah merasa cukup dengan RAM yang ada di laptop. Namun, tetap masih ada juga yang merasa kurang cukup puas dengan kapasitas RAM laptop yang mereka miliki. Nah, jika kamu masih merasa kapasitas RAM yang dimiliki kurang mumpuni, maka menambah RAM merupakan opsi yang dapat kamu pilih.

 

Terdapat berbagai merk RAM laptop dan PC yang saat ini dijual di pasaran, namun tidak semuanya berkualitas sebab ada juga merek RAM terkenal yang imitasi atau KW. Buat kamu yang butuh RAM berkualitas baik untuk menunjang kinerja laptop atau PC, kamu  bisa memilih 10 RAM terbaik yang akan saya rekomendasikan kali ini, namun sebelum itu silahkan kamu simak terlebih dahulu apa itu perbedaan antara RAM Laptop dan PC desktop berikut ini agar kamu bisa lebih paham RAM seperti apa yang cocok untuk laptop atau PC desktop kamu.

 

 

#1. Perbedaan RAM Laptop dan PC Desktop

Pada umumnya RAM yang ada di laptop dan komputer desktop sebenarnya satu tipe hanya berbeda bentuk. RAM PC disebut dengan dual in-line modul memory atau disingkat DIMM sedangkan RAM laptop, memiliki bentuk yang lebih kecil sehingga disebut dengan Small outline Dual Inline Memory Module atau disingkat menjadi SO-DIMM.

Umumnya RAM untuk laptop sudah ditetapkan kapasitasnya. Contohnya, laptop dengan harga 5 jutaan saat ini hadir dengan minimal RAM 4 GB, namun terkadang ada slot tambahan supaya penggunanya dapat menambah kapasitas RAM yang lebih besar. Sedangkan untuk komputer PC sebetulnya lebih fleksibel sebab jumlah slot RAM tergantung pada motherboard yang dipakai.

#2. 10 Merk RAM Terbaik untuk Laptop ataupun PC Desktop

1. Team Elite

inilah 10 merk ram terbaik untuk laptop dan pc desktop 1

RAM Team Elite merupakan salah satu RAM yang memiliki kualitas tergolong baik dimana RAM ini banyak dipilih oleh mereka para gamers. Team Elite juga memproduksi SSD, flashdisk, SD Card dan power bank dengan memiliki kualitas yang baik dan harga yang lebih terjangkau.

 

2. Transcend

inilah 10 merk ram terbaik untuk laptop dan pc desktop 2

 

Transcend merupakan merek RAM asal Taiwan yang tergolong populer di Indonesia bahkan produk RAM dari Tanscend cukup banyak dibeli. Transcend menawarkan berbagai varian RAM dengan harga yang tidak begitu mahal tapi dengan produk yang tetap berkualitas.

 

3. Samsung

inilah 10 merk ram terbaik untuk laptop dan pc desktop 3

Samsung, sudah tidak asing lagi untuk diperbicarakan dimana samsung ini memiliki nama besar di industri ponsel dan barang elektronik. Selain itu Samsung juga terkenal dengan produk yang berkualitas dan RAM sendiri merupakan salah satu produk Samsung yang berkualitas dan terbaik. Namun sayangnya, merek RAM dari Samsung ini kurang begitu populer di kalangan masyarakat, padahal kualitas RAM produksi dari Samsung ini tergolong baik.

 

4. Crucial

inilah 10 merk ram terbaik untuk laptop dan pc desktop 4

Crucial merupakan salah satu merk RAM dari perusahaan asal Amerika yang bergerak di industri semi konduktor dimana memiliki RAM yang terkenal yaitu Crucial Ballistix dengan kualitasnya tergolong baik. Untuk kamu yang memiliki PC gamer dan butuh RAM dengan kualitas dan kemampuan yang baik, RAM dari Crucual ini bisa menjadi pilihanmu.

 

5. Mushkin

inilah 10 merk ram terbaik untuk laptop dan pc desktop 5

Mushkin merupakan produsen RAM asal Texas Amerika dimana produk dari Muskhin ini mendapat kepercayaan dari publik karena Mushkin merupakan pemasok untuk perusahaan Apple dan Nasa. Selain memproduksi RAM, Mushkin juga memproduksi notebook, flashdisk, SSD dan juga PSU. 

6. Venom RX

inilah 10 merk ram terbaik untuk laptop dan pc desktop 6

Venom RX merupakan salah satu perusahaan teknologi yang memproduksi kasing, motherboard, dan juga RAM. RAM dari Venom RX ini juga merupakan salah satu RAM yang terbaik misalnya Venom RX Sodim DDR3 4GB PC10600 yang memiliki kompabilitas baik dengan tipe DDR3 lama.

 

7. Hynix

inilah 10 merk ram terbaik untuk laptop dan pc desktop 7

Hynix merupakan merek RAM yang didirikan pada tahun 1983 dari Korea Selatan. Memiliki pengalaman lama terhadap industri semikonduktor serta banyak mengirim RAM ke seluruh dunia membuat produk ini dikenal setiap orang. Produsen laptop banyak yang memperoleh pasokan RAM dari Hynix. Sehingga merek Hynix ini tidak perlu kamu ragukan lagi kualitasnya

 

8. Corsair

inilah 10 merk ram terbaik untuk laptop dan pc desktop 8

Corsair merupakan produsen perangkat keras komputer yang memang sudah berdiri dari tahun 1994 dimana salah satu produk terbaik Corsair ini yaitu RAM dengan tipe DIMM ataupun SODIMM. RAM Corsair ini terkenal awet dan mudah ditemukan dan salah satu seri terbaik ialah. Harga RAM Corsair memang cenderung lebih tinggi daripada merek lain dengan kapasitas yang sama. Namun jika melihat kualitas yang mumpuni kamu pasti tidak akan merasa dirugikan untuk membeli RAM ini.

 

9. Kingston

inilah 10 merk ram terbaik untuk laptop dan pc desktop 9

Kingston merupakan merek paling populer di Indonesia yang banyak mengeluarkan produk seperti flashdisk, SSD, dan pastinya RAM. Kingston terkenal sebab mengeluarkan banyak tipe RAM dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat tetapi masih dengan kualitas yang tergolong baik. Salah satu tipe RAM Kingston ini yaitu Kingston HyperX FURY.

 

10. G.Skill

inilah 10 merk ram terbaik untuk laptop dan pc desktop 10

 

G.Skill merupakan salah satu RAM berkualitas asal Taiwan. Pada umumnya, RAM dengan merek G.Skill ini ditemukan pada perangkat komputer dengan spesifikasi tinggi. Karena kualitas dan produknya yang sangat baik,