Pernah melihat atau bahkan merasa bingung ketika harus memilih koneksi wi-fi antara gelombang 2.4 GHz dengan gelombang 5 GHz? Biar tidak bingung, ini penjelasannya.

Sebelumnya, kita pahami dulu tentang gelombang wireless (nirkabel).

Gelombang yang dimaksud, adalah area komunikasi. Gelombang ini tidak berhubungan dengan kecepatan wi-fi, atau kecepatan download.

1000 MHz = 1 GHz

Setiap perangkat wireless (nirkabel) memiliki gelombang komunikasi sesuai dengan fungsinya. Seperti radio (misalnya FM 90.5 MHz), gelombang telepon seluler (misalnya GSM 800 MHz), gelombang wifi (2400 MHz, atau 2.4 GHz) dan lain sebagainya.

Gelombang 2.4 GHz

Gelombang 2.4 GHZ (2400 MHz) adalah gelombang yang telah dimanfaatkan/digunakan sejak lama. Dengan umur yang ‘sudah tua’, gelombang ini adalah ‘area bebas’ dimana hampir semua perangkat wireless menggunakan gelombang ini. Sebut saja seperti remote control TV, remote control mainan, remote alarm mobil, bluetooth, dan wi-fi salah satunya.

Dengan teori fisika, gelombang yang lebih rendah memiliki daya jangkau yang lebih luas dan kekuatan sinyal yang lebih besar. Hanya saja sudah terlalu banyak perangkat yang menggunakan gelombang ini. Terkadang gangguan sinyal bukan karena jangkauan yang kurang luas atau sinyal yang lemah, tapi karena tabrakan sinyal.

Gelombang 2.4 GHz memiliki daya jangkau yang lebih luas dan sinyal yang lebih kuat, hanya saja gelombang ini sudah terlalu padat sehingga kadang menyebabkan gangguan.

wavlengths.jpg

Apabila koneksi wi-fi anda membutuhkan kedua kondisi diatas (sinyal yang kuat dan jangkauan yang jauh) misalkan berbeda ruangan (komputer/laptop di kamar dengan hotspot wi-fi di ruang tengah) maka sebaiknya anda menggunakan gelombang 2.4 GHz.

Gelombang 5 GHz

Gelombang 5 GHz adalah teknologi yang lebih baru sebagai jawaban terhadap padatnya gelombang 2.4 GHz. Selain itu saat ini perangkat yang telah mendukung gelombang ini masih belum sebanyak perangkat yang menggunakan gelombang 2.4 GHz.

Namun gelombang yang lebih tinggi ini memiliki kekurangan di daya jangkau yang lebih pendek.

Apabila koneksi wi-fi anda lebih direct seperti tidak terhalang dinding atau lantai, atau layaknya mi-fi (mobile wi-fi) yang bisa dibawa-bawa dan selalu ada di dekat perangkat yang membutuhkannya, akan lebih baik apabila anda menggunakan gelombang 5 GHz.

pic_disp