Barcode 2 Dimensi

Biasa disebut dengan QR Code merupakan matrix code yang dikembangakan pada tahun 1994 oleh Denso-Wave, yakni divisi Toyota Corporation Jepang. Kepanjangan dari QR adalah Quick Response yang artinya bisa meng-encode data yang ada didalam code tersebut dengan cepat. QR code ini berisi informasi baik dalam arah vertikal dan horizontal dan Pola simbol berupa matriks titik dalam suatu area berbentuk persegi empat, ukuran kotak sekitar 1,5 centimeter persegi. QR Code bisa menyimpan data numerik sepanjang 7.089 digit dan 4.296 karakter huruf.

Fungsi Kode QR
Fungsi dari QR Code hampir sama dengan sistim barcode satu dimensi yang kita kenal selama ini yaitu digunakan untuk mengidentifikasi suatu barang secara cepat dan mudah, tetapi di era modern saat ini QR Code ini bisa digunakan lebih luas untuk segala macam kebutuhan seperti tiketing pesawat, tiket bioskop, iklan, MMS, kartu nama, dalam bidang post digunakan sebagai perangko online, dan dalam bidang industri digunakan sebagai kode informasi untuk komponen elektronika, perhiasan dsb. Sehingga dapat disimpulkan keuntungan yang paling utama dari penggunaan 2D adalah efisiensi, kecepatan, ketepatan dan keamanan data serta mengalokasian waktu yang ada. Kehadiran kode ini memungkinkan audiens berinteraksi dengan media yang ditempelinya melalui ponsel secara efektif dan efisien. Pengguna juga dapat menghasilkan dan mencetak sendiri kode QR untuk orang lain dengan mengunjungi salah satu dari beberapa ensiklopedia kode QR.

Kelebihan Kode QR
1. Kode QR memiliki kapasitas tinggi dalam data pengkodean
2. Mampu menyimpan semua jenis data, seperti data numerik, data alphabetis, kanji, kana, hiragana, simbol, dan kode biner.
3. Selain itu kode QR memiliki tampilan yang lebih kecil dari pada kode batang. Hal ini dikarenakan kode QR menampung data secara horizontal dan vertikal.
4. Ukuran dari tampilannya gambar kode QR bisa hanya seperspuluh dari ukuran sebuah kode batang.
5. Tahan terhadap kerusakan, sebab kode QR mampu memperbaiki kesalahan sampai dengan 30%. Oleh karena itu, walaupun sebagian simbol kode QR kotor ataupun rusak, data tetap dapat disimpan dan dibaca. Tiga tanda berbentuk persegi di tiga sudut memiliki fungsi agar simbol dapat dibaca dengan hasil yang sama dari sudut manapun sepanjang 360 derajat.

Sekian artikel singkat mengenai Code QR atau Barcode 2 Dimensi. Terima Kasih dan semoga Bermanfaat.