Saat ini banyak usaha-usaha seperti minimarket atau pun restoran yang menggunakan alat bantu pada transaksi keuangannya. Namun tidak semuanya menggunakan alat bantu yang sama yaitu dengan menggunakan cash register 

Sekarang ini beberapa mesin kasir elektronik (Electronic Cash Register) bisa disambungkan dengan perangkat bantu lainnya seperti timbangan digital, barcode scanner, Kitcen printer dan ada bebepapa merk yang dapat dihubungkan ke PC ataupun Modem sehingga data dari Cash Register tersebut bisa di ambil dari jarak jauh sedang bentuk laporan yang didapatkan lebih fleksibel untuk di kembangkan lebih jauh menggunakan software akunting yang ada.koneksi yang digunakan untuk ke PC ada yang menggunakan jaringan serial RS-232 atau di beberapa merk bisa menggunakan LAN yang biasa dipakai di PC.

Keuntungan pemakaian cash register hanyalah karena bentuknya yang compact dan mudah dipindah-pindah. Selain itu dari sisi ekonomis, ada tipe cash register tertentu yang harganya sangat murah (sekitar 1 juta). Namun cash register ini hanya berfungsi seperti layaknya calculator yang dilengkapi struk. Struknya pun tidak bisa mencetak huruf, namun hanya angka saja. Jadi jenis cash register ini sebenarnya hanya untuk usaha mikro, dimana kasir tidak terlalu bisa melakukan perhitungan penjumlahan, sehingga dapat meminimisasi kesalahan hitung.

Selain itu Keunggulan Mesin kasir dibandingkan dengan sekedar software penjualan biasa adalah di sistem keamanannya karena selain dari sistem perangkatnya pun dilengkapi dengan kunci pengaman atau password berjenjang sesuai otoritas user dan yang paling aman adalah Cash Register tidak akan terkena VIRUS karena karakteristik databasenya masih berbentuk bahasa mesin dan jikapun di Upload ke PC databasenya masih berbentuk heksadesimal.Dan jika dibandingkan konsumsi listriknya bisa dikatakan sangat kecil sekitar 25-35 Watt saja dan pad umumya Cash register di rancang untuk bekerja diatas 12 jam perhari.

Pada saat ini kemampuan mesin kasir berbasis komputer (komputer kasir) jauh melebihi cash register. Adapun beberapa kelemahan cash register adalah:

·         Sistem POS terlalu sederhana. Kalaupun ada cash register yang mampu mendukung sistem stok (persediaan), harganya sangat mahal dibandingkan komputer

·         Kapasitas penyimpanan terbatas

·         Biaya maintenance tinggi. Jika terjadi kerusakan modul, spare-part jarang tersedia dan harganya mahal.

·         Hanya dapat melakukan transaksi POS sederhana

·         Tidak dapat digunakan untuk kepentingan lainnya

·         Tidak dapat di upgrade. Misalnya tidak mendukung sistem Barcode. Kalaupun ada, harganya juga mahal.